Harga IPAL Komunal di Indonesia

IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal merupakan sarana pengolahan air limbah supaya tidak mencemari lingkungan sekitar. Biasanya yang menggunakan IPAL Komunal berada di area pemukiman, seperti para rumah tangga, tempat makan, rumah susun, dan lain-lain. Air limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun tempat-tempat umum lainnya, pada hakikatnya mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tidak hanya itu, lingkungan hidup pun akan ikut tercemar dengan zat-zat yang terkandung dalam air limbah. Pada dasarnya, air limbah memang air buangan yang merupakan campuran dari sampah atau kotoran yang berasal dari rumah, tempat makan, dan tempat lainnya.

IPAL Komunal sendiri merupakan sarana pengolahan air limbah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Karena harganya yang relatif murah dan dapat digunakan secara bersama. Para pengguna IPAL Komunal bisa saling berkompromi untuk membayar sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya.

Sumber : https://beritaini.com/dinas-pu-makassar-sedot-ipal-komunal-di-rappokalling/

Kelebihan IPAL Komunal

Pembangunan IPAL Komunal tentu saja memiliki beberapa kelebihan untuk mengolah air limbah yang dihasilkan oleh pemukiman rumah tangga:

  1. IPAL Komunal cocok dan sesuai dengan sistem rumah yang berkelompok.
  2. Tidak membutuhkan banyak lahan dikarenakan IPAL Komunal dibangun di bawah tanah.
  3. Biaya untuk pembangunan relatif murah.
  4. Perawatan dan pemeliharaan IPAL Komunal juga mudah dan efisien.
  5. Lebih hemat daripada sistem pembuangan air limbah konvensional.
  6. IPAL Komunal dibuat dalam jarak yang jauh dari area pemukiman sehingga nyaman untuk penggunanya/masyarakat.

Masyarakat yang menggunakan IPAL Komunal tentu saja mempunyai banyak keuntungan dikarenakan pembangunan IPAL Komunal sendiri tidak memerlukan tempat yang luas. Hal itu dikarenakan IPAL Komunal dapat dibuat di dalam tanah.

Baca Juga : IPAL Komunal: Cara Efisien untuk Pengelolaan Air Limbah

Sudah banyak perusahaan yang mencoba untuk menjual berbagai macam IPAL termasuk IPAL Komunal. Harga yang ditawarkan pun berbagai macam sesuai dengan kebutuhan si pembeli. Para pembeli pun dapat menawar harga sesuai kesepakatan dengan perusahaan yang menjual IPAL. Namun, masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum menggunakan IPAL Komunal dan lebih memilih membuang langsung air limbah ke sungai. Hal itu menyebabkan sungai menjadi tercemar dan tidak bisa dikonsumsi sebagai air minum.

Pemerintah tentunya perlu untuk memberikan penyuluhan atau sosialisasi mengenai pentingnya IPAL Komunal ke masyarakat Indonesia. Masih banyak masyarakat di daerah terpencil yang tidak mengetahui banyak hal mengenai pentingnya penggunaan IPAL Komunal untuk mencegah pencemaran lingkungan hidup.

Masyarakat juga masih berpikir kalau harga IPAL Komunal sangatlah mahal. Sehingga banyak yang belum tertarik untuk membeli dan menggunakan IPAL Komunal di tempat tinggalnya. Perusahaan-perusaan yang menjual IPAL juga perlu untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tertarik untuk menggunakan IPAL.

Harga yang ditawarkan juga perlu disesuaikan dengan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Salah satu faktor kendala jarangnya pembeli untuk suatu produk, yaitu karena harga tidak sesuai dengan kantong yang mereka punya. Oleh karena itu, perlu penyesuaian harga dengan masyarakat agar IPAL Komunal pun menjadi lebih banyak pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Halo, ada yang bisa dibantu?