IPAL Komunal sebagai Antisipasi Masalah Sanitasi

IPAL Komunal - Instalasi pengolahan air limbah adalah kompleks fasilitas khusus yang dirancang untuk memurnikan air limbah dari kontaminan yang terkandung di dalamnya yang dimurnikan untuk digunakan di masa depan atau dibuang ke reservoir alami.

Setiap pemukiman membutuhkan fasilitas perawatan yang efektif yang dalam prosesnya menentukan air apa yang akan masuk ke lingkungan dan bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem di masa depan. Untuk itu pada artikel di bawah ini akan membahas tentang IPAL Komunal sebagai Antisipasi Masalah Sanitasi.

Bagaimana Peran IPAL Komunal sebagai Antisipasi Masalah Sanitasi?

Jika limbah cair tidak ditangani sama sekali, maka tidak hanya tumbuhan dan hewan yang akan mati, tetapi tanah juga akan keracunan, dan bakteri berbahaya dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan akibat yang serius.

Setiap perusahaan yang memiliki limbah cair beracun wajib menangani sistem fasilitas pengolahan guna mengantisipasi masalah lingkungan yang lebih baik. Ukuran fasilitas pengolahan IPAL Komunal dan kompleksitas pengolahan sangat tergantung pada kontaminasi air limbah dan volumenya.

Berikut Tahapan IPAL Komunal sebagai Antisipasi Masalah Sanitasi

Pada dasarnya fasilitas instalasi pengolahan air limbah dari saluran pembuangan, merupakan ciri khas bahwa mereka berbaris dalam urutan tertentu. Kompleks seperti itu disebut jajaran fasilitas perawatan yang skemanya dimulai dengan pembersihan mekanis.

Dalam proses tahapannya berbagai kisi-kisi dan perangkap pasir paling sering digunakan. Hal ini merupakan tahap awal dari keseluruhan proses pengolahan air dari IPAL Komunal, ini bisa berupa sisa-sisa kertas, kain lap, kapas, tas, dan puing-puing lainnya.

Pengolahan IPAL Komunal Tahap Mekanik

Stasiun pompa utama awalnya, semua air dari saluran pembuangan mengalir ke stasiun pompa utama dalam tangki khusus yang dirancang untuk mengimbangi peningkatan beban selama jam sibuk.

Pompa yang efektif secara merata memompa volume air yang sesuai untuk melewati semua tahap pembersihan, kemudian air memasuki area pembersih mekanis hingga 75% kontaminan dihilangkan pada tahap ini.

Ada beberapa perangkat untuk menghilangkan kotoran besar dan kotoran yang tidak larut:

1. Kisi dan saringan

Kisi-kisi dan saringan menangkap kotoran besar berukuran lebih dari 16 mm seperti kaleng, botol, kain lap, tas, makanan, plastik, dll. Dimasa yang akan datang limbah atau sampah ini diolah di tempat atau dibawa ke tempat-tempat pengolahan limbah padat rumah tangga dan industri.

2. Perangkap pasir

Faktanya, perangkap pasir tidak hanya menangkap pasir, tetapi juga kerikil kecil, pecahan kaca, dll, karena agak cepat mengendap ke dasar di bawah pengaruh gravitasi. Kemudian partikel yang mengendap disapu oleh alat khusus ke dalam ceruk di bagian bawah, dari mana ia dipompa keluar oleh pompa yang dicuci dan dibuang.

3.  Hidrologi

Di sini semua kotoran yang mengapung ke permukaan air (lemak, minyak, produk minyak bumi, dll.) dihilangkan, dan dengan analogi dengan perangkap pasir, mereka juga dihilangkan dengan pengikis khusus, hanya dari permukaan air.

4.  Sumps

Sumps adalah elemen penting dari setiap lini IPAL Komunal guna melepaskan air dari padatan tersuspensi, termasuk telur cacing. Elemen ini bisa vertikal dan horizontal, satu tingkat dan dua tingkat.

Baca Juga : Jual IPAL untuk Solusi Penting Fasilitas Perawatan Air Bersih

Pada tahapan terakhir adalah yang paling optimal, karena pada saat yang sama air dari saluran pembuangan di tingkat pertama dibersihkan dan sedimen (lumpur) yang terbentuk di sana dibuang melalui lubang khusus ke tingkat yang lebih rendah.

5.  Tangki sedimentasi

Tangki sedimentasi adalah tangki bulat atau persegi panjang besar di mana zat mengendap di bawah aksi gravitasi. Untuk mempercepat proses ini, Anda dapat menggunakan aditif khusus seperti koagulan atau flokulan. Itulah ulasan mengenai IPAL Komunal sebagai antisipasi masalah sanitasi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Halo, ada yang bisa dibantu?