IPAL Rumah Sakit Penting untuk Kesehatan Lingkungan

IPAL Rumah Sakit - Aktivitas institusi medis terkait dengan produksi sejumlah besar limbah biologis yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Pertama-tama, ini berlaku untuk limbah yang pemurnian dan netralisasi mereka membutuhkan penggunaan metode yang sangat efektif.

Limbah medis menimbulkan bahaya besar bagi lingkungan, karena mengandung bakteri patogen, virus, serta berbagai obat-obatan dan produk degradasinya yang saat ini ancaman ini tidak mendapat perhatian. Pada artikel kali ini kita akan membahas IPAL Rumah Sakit Penting untuk Kesehatan Lingkungan.

Apa Pentingnya IPAL Rumah Sakit untuk Kesehatan Lingkungan?

Persyaratan sanitasi dan epidemiologis untuk organisasi yang terlibat dalam kegiatan medis berisi persyaratan untuk menetralkan hanya limbah cair dari rumah sakit dan departemen penyakit menular sebelum dibuang ke saluran pembuangan umum.

Efluen dari institusi medis lain diolah menggunakan teknologi standar yang digunakan di fasilitas perawatan di seluruh kota atau lokal. Masalah serius lainnya adalah pelanggaran sistematis terhadap persyaratan pembuangan produk medis oleh staf institusi medis dan klinik.

IPAL Rumah Sakit khas untuk banyak negara, termasuk negara bagian Asia, Uni Eropa dan Amerika Serikat. Jadi, menurut penelitian, sekitar setengah dari obat-obatan yang tidak terpakai tidak dibuang dengan benar.

Misalnya, di Indonesia 60-80% obat-obatan dibuang ke saluran pembuangan atau dibuang bersama limbah rumah tangga biasa. Akibatnya, air limbah dari fasilitas kesehatan sekitar 15 kali lebih ekotoksik daripada air limbah perkotaan biasa.

Cara Kerjanya IPAL Rumah Sakit

Proses IPAL Rumah Sakit dimulai dengan memuatnya ke dalam dua tangki teknologi, yang dapat berfungsi sebagai penyangga gabungan. Pada tahap ini, nitrogen dan fosfor dihilangkan dari limbah. Setelah itu, efluen masuk ke bioreaktor membran Grundfos, di mana mereka diultrafilter pada membran keramik cakram dengan diameter pori 0,2 m.

Pada 16 filter membran, lumpur biologis dan lumpur disimpan dan ditahan yang tanpa meninggalkan instalasi, mengalami dehidrasi hingga 90%. Kemudian limbah yang berupa bahan kering yang dibriket secara hermetis ini dikirim ke pabrik insinerasi limbah, dimana limbah tersebut dimusnahkan pada suhu 850-1200 °C.

Tahap Akhir IPAL Rumah Sakit

Tahap akhir pemrosesan IPAL Rumah Sakit meliputi beberapa tahap:

  1. Filtrasi melalui karbon aktif granular;
  2. Ozonasi;
  3. Penyinaran uv.

Air hasil pemurnian yang diperoleh digunakan untuk kebutuhan teknis atau dibuang ke reservoir alami. Untuk menentukan metode pembersihan yang optimal dan paling efisien, proses teknologi dibagi menjadi dua aliran paralel, berbeda dalam urutan tahapan tahap akhir.

Hal ini memungkinkan untuk menguji dua teknologi yang berbeda, membandingkan hasil yang diperoleh, dan memilih metode terbaik. Aliran pertama melibatkan pengolahan air limbah yang melewati bioreaktor dengan karbon aktif granular, diikuti dengan pengolahan ozon dan penyinaran UV.

Selanjutnya adalah ozonasi diikuti dengan pembersihan karbon aktif dan pengobatan ultraviolet. Iradiasi dalam kedua kasus terjadi pada tahap akhir dan digunakan sebagai sarana desinfeksi tambahan dan untuk menetralkan residu ozon.

Udara dari sistem ventilasi unit, sebelum dilepaskan ke atmosfer, mengalami pemurnian katalitik dan mengalami fotoionisasi di bawah aksi sinar UV yang memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menetralkan patogen yang terkandung di dalamnya dan menghindari munculnya bau tidak sedap di dekat pabrik pengolahan.

Hasil dan Efektivitas IPAL Rumah Sakit

Serangkaian penelitian dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas menggunakan teknologi Grundfos. Selama pengujian, beberapa sampel aktif dianalisis, diuji keberadaan jejak obat-obatan dan produk degradasinya.

Selain itu, pengujian dilakukan untuk bakteri patogen, virus dan toksisitas limbah untuk kehidupan akuatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa residu obat dari air yang diolah dihilangkan sebesar 99,9%, dan konsentrasi bahan kimia apa pun yang masih terdeteksi di dalamnya berada di bawah konsentrasi yang dapat mempengaruhi organisme hidup dan fungsi vitalnya.

Itulah ulasan mengenai IPAL Rumah Sakit penting untuk kesehatan lingkungan, semoga informasi ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Harga IPAL untuk Instalasi Pengolahan Limbah Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Halo, ada yang bisa dibantu?