Jenis-Jenis IPAL

Jenis IPAL - IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) merupakan sarana yang digunakan untuk menampung hasil air limbah dari berbagai aktivitas rumah tangga maupun industri supaya tidak mencemari lingkungan hidup. IPAL sangat penting untuk masyarakat karena jika tidak adanya IPAL, hasil air limbah yang mengandung zat-zat kimia akan mencemari dan merusak lingkungan. IPAL sendiiri memiliki beberapa jenis tergantung kebutuhannya.

Salah satunya, yaitu IPAL Komunal. IPAL Komunal merupakan sarana pengelolaan air limbah yang digunakan untuk menampung limbah secara terpusat dan sebagian besar digunakan secara bersama untuk sekelompok rumah tangga.  IPAL Komunal biasanya digunakan untuk menampung limbah di daerah pemukiman. Jenis-jenis limbah rumah tangga seperti air mandi, air cucian, dan sejenisnya yang mengandung berbagai zat kimia akan ditampung dan dikelola dalam IPAL Komunal sehingga mencegah pencemaran lingkungan.

Kelebihan IPAL Komunal

Pembangunan IPAL Komunal tentu saja memiliki beberapa kelebihan untuk mengolah air limbah yang dihasilkan oleh pemukiman rumah tangga:

  1. IPAL Komunal cocok dan sesuai dengan sistem rumah yang berkelompok.
  2. Tidak membutuhkan banyak lahan dikarenakan IPAL Komunal dibangun di bawah tanah.
  3. Biaya untuk pembangunan relatif murah.
  4. Perawatan dan pemeliharaan IPAL Komunal juga mudah dan efisien.
  5. Lebih hemat daripada sistem pembuangan air limbah konvensional.
  6. IPAL Komunal dibuat dalam jarak yang jauh dari area pemukiman sehingga nyaman untuk penggunanya/masyarakat.

Selain IPAL Komunal, ada lagi jenis IPAL lainnya yang biasanya digunakan untuk tempat industri. IPAL ini dinamakan IPAL Biotech. IPAL Biotech merupakan sistem pengolahan air limbah yang dirancang untuk mengolah serta membuang limbah biologis maupun kimia yang terdapat dalam air limbah sehingga air yang diolah dalam IPAL Biotech dapat digunakan kembali untuk aktivitas lain, sehingga tidak perlu khawatir air hasil olahan IPAL Biotech akan mencemari lingkungan.

Kelebihan IPAL Biotech

Pembangunan Biotech tentu saja memiliki beberapa kelebihan untuk mengolah hasil dari air limbah:

  1. Tempat penampungan IPAL Biotech terbuat dari bahan yang lebih kuat sehingga tidak mudah rusak.
  2. IPAL Biotech dilengkapi dengan media filter sebagai tempat tumbuh kembangnya bakteri pengurai.
  3. Pembangunan IPAL Biotech mudah dan tidak perlu teknisi khusus.
  4. Hasil akhir dari limbah sudah ramah lingkungan sehingga aman dibuang ke saluran umum.
  5. Garansi IPAL Biotech mempunyai jangka waktu yang lama kurang lebih 10 tahun.

Kemudian, masih ada lagi jenis lainnya, yaitu IPAL Klinik. IPAL ini biasanya digunakan untuk lingkungan rumah sakit. IPAL Klinik merupakan IPAL yang terdapat dalam lingkungan rumah sakit. Fungsi IPAL ini adalah mencegah pencemaran yang disebabkan oleh hasil dari air limbah rumah sakit supaya menciptakan kenyamanan untuk pasien dan pengunjung lainnya. Setiap aktivitas di rumah sakit pastinya menghasilkan air limbah yang harus ditampung terlebih dahulu agar tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Karena itu, pembangunan IPAL di rumah sakit menjadi hal mutlak yang harus dilakukan.

Kelebihan IPAL Klinik

  1. Air limbah tidak mencemari lingkungan rumah sakit yang bisa saja menyebabkan bakteri-bakteri mengganggu fasilitas kesehatan, sehingga pasien dan orang sekitar merasa nyaman.
  2. Kualitas air diolah agar bisa digunakan kembali sesuai kebutuhan.
  3. IPAL Klinik akan mengolah hasil dari air limbah ke tempat pembuangan, sehingga tidak akan menyebabkan bau di area rumah sakit.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi berbagai jenis IPAL yang dapat digunakan oleh masyarakat. Namun, IPAL Komunal, Biotech, dan Klinik yang paling umum digunakan oleh masyarakat untuk mencegah pencemaran lingkungan hidup.

Baca Juga : Manfaat IPAL

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Halo, ada yang bisa dibantu?