Pengertian IPAL : Instalasi Pengolahan Air Limbah

Pengertian IPAL - Di daerah perkotaan maupun pedesaan, sudah banyak orang yang menggunakan IPAL untuk menampung air limbah bekas kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) merupakan sarana atau tempat untuk mengolah hasil air limbah dari berbagai aktivitas pribadi maupun berkelompok supaya lingkungan tidak tercemar dari zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air limbah.

Dalam skala yang kecil,Pengertian IPAL digunakan untuk pembangunan septic tank atau WC agar kualitas air buangan yang dihasilkan tidak tercemar oleh air limbah yang dihasilkan oleh masyarakat dan hal-hal lainnya. Selain digunakan untuk rumah tangga, IPAL digunakan juga untuk kebutuhan yang lebih besar atau bersama-sama. Biasanya IPAL yang digunakan untuk hal ini adalah IPAL Komunal.

IPAL sangat penting digunakan di berbagai tempat yang menghasilkan air limbah. Tanpa menggunakan IPAL, limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun industri akan mengganggu stabilitas lingkungan hidup. Limbah kimia tersebut akan mencemari lingkungan hidup sehingga mmebuat lingkungan menjadi tidak sehat dan kualitas air pun menjadi menurun.

Dampak negatif jika tidak menggunakan IPAL untuk kesehatan adalah dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan sejenisnya. Masih banyak lagi dampak negatif jika tidak menggunakan IPAL yang tentunya sangat merugikan masyarakat dan membuat lingkungan menjadi tidak bersih dan efisien.

Baca Juga : IPAL Biotech

IPAL (Intalasi Pengolahan Air Limbah) terdiri dari beberapa jenis sesuai kebutuhan yang diperlukan. IPAL tersebut terdiri dari IPAL Komunal yang biasanya digunakan untuk daerah pemukiman, IPAL Biotech yang biasanya digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang industri, dan IPAL Klinik yang biasanya digunakan untuk lingkungan rumah sakit. IPAL tersebut tentunya  memiliki berbagai manfaat dan kegunaan di setiap tempat. Dengan menggunakan IPAL, tempat-tempat tersebut tidak akan menyebabkan kerugian karena hasil air limbah. Hasil dari air limbah tersebut dapat merusak lingkungan, oleh karena itu perlunya pembangunan IPAL yang baik dan efisien agar berfungsi dengan baik.

Prosedur yang Dilakukan untuk Pembangunan IPAL:

Sebelum membangun IPAL untuk kebutuhan pribadi maupun bersama, pembangunan IPAL harus melakukan prosedur sebagai berikut:

  1. Warga akan diberikan penyuluhan atau sosialisasi terkait dengan fasilitas IPAL. Hal-hal seperti penanggung jawab IPAL, biaya yang akan dikeluarkan, dan lainnya harus dijelaskan secara rinci agar tidak terjadinya penyalahgunaan IPAL.
  2. Mengadakan survei untuk pembangunan IPAL. Survei dilakukan saat akan membangun IPAL di lokasi yang sudah ditentukan. Lalu, jumlah orang-orang yang akan menggunakan IPAL harus diketahui terlebih dahulu agar IPAL sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
  3. Sosialisasi pembangunan IPAL juga akan dilakukan supaya masyarakat mengerti cara menggunakannya.
  4. Konstruksi IPAL yang mengawali pembangunan IPAL.
  5. Sosialisasi perawatan IPAL agar masyarakat dapat memelihara dan merawat IPAL sebagaimana mestinya.
  6. IPAL dapat digunakan sesuai arahan dari penyuluhan atau sosialisasi yang telah dilakukan.

Prosedur-prosedur tersebut harus dilakukan agar IPAL terawat dengan baik sehingga tidak rusak yang menyebabkan pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh air limbah. Pembangunan IPAL sangat penting supaya lingkungan hidup menjadi bersih, nyaman, dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Halo, ada yang bisa dibantu?